Logo Network
Network

Sains Ramadhan: Cara Tingkatkan Kualitas Belajar Mengacu Penguat Sinyal Listrik Op-Amp 

Moh. Miftahul Arief
.
Sabtu, 16 April 2022 | 20:35 WIB
Sains Ramadhan: Cara Tingkatkan Kualitas Belajar Mengacu Penguat Sinyal Listrik Op-Amp 
Bentuk Simbol Op-Amp . (foto: ist)

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Revolusi industri beriringan dengan berkembangnya cabang ilmu pengetahuan, baik ilmu agama maupun ilmu sains dan teknologi.

Namun, meski berbagai penemuan di bidang teknologi telah mempermudah menyelesaikan persoalan-persoalan umat manusia, masih ada sebagian muslim yang masih merasa malas, kurang sabar dan niat dalam menuntut ilmu, sehingga mengakibatkan menurunnya kualitas diri yang mengakibatkan umat Islam jadi bodoh dan terbelakang.

Untuk menumbuhkan semangat dan menjauhi sifat-sifat negatif  dalam menuntut ilmu tersebut setidaknya bisa memperhatikan bagaimana Op-Amp (Operational Amplifier) bekerja menghasilkan output yang maksimal.

Op-Amp adalah salah satu dari bentuk IC Linear yang berfungsi sebagai Penguat Sinyal listrik. Sebuah Op-Amp terdiri dari beberapa Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor yang terinterkoneksi dan terintegrasi sehingga memungkinkannya untuk menghasilkan Gain (penguatan) yang tinggi pada rentang frekuensi yang luas. 

Dalam bahasa Indonesia, Op-Amp atau Operational Amplifier sering disebut juga dengan Penguat Operasional. Op-Amp umumnya dikemas dalam bentuk IC, sebuah IC Op-Amp dapat terdiri dari hanya 1 (satu) rangkaian Op-Amp atau bisa juga terdiri dari beberapa rangkaian Op-Amp. 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini