get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Dimensi Ekologis Puasa yang Dikesampingkan

Senin, 18 April 2022 | 15:56 WIB
header img
(foto: pixabay)

Pemahaman semacam ini bukan bermaksud menggeser pemahaman lama bahwa puasa adalah wujud trandensi dari ritual seorang hamba kepada Tuhannya, tetapi justru melengkapinya agar makna puasa dan tujuan terdalam dari puasa dapat dicapai oleh manusia. 

Dengan demikian, makna puasa tidak hanya menyangkut urusan ritual, spiritual, dan social, tetapi juga menyangkut dimensi lain, yakni dimensi ekologis. Manifestasinya adalah dengan berpuasa kita harus sadar kembali betapa pentingnya menahan diri dari hasrat kegilaan manusia, gaya hidup konsumtif yang berlebihan, dan boros. Puasa menata secara teratur aliran hasrat, dimulai dari dalam (hati), dan kemudian melahirkan pribadi muslim yang bertaqwa, tidak hanya taqwa secara ritual, tetapi juga taqwa secara ekologis.

Mari kita bertanya pada diri kita sendiri. Apakah puasa kita telah benar-benar mengurangi jumlah konsumsi kita?, atau hanya sekedar mengubah waktu makan dari siang hari ke malam hari, tetapi jumlah makanan yang dikonsumsi tetap sama, atau bahkan lebih banyak? 

Saya pernah melihat status WhatsApp ibu-ibu di kompleks saya: “Jarene puasa, tapi kok sing dituku lewih akeh, puasa kok malah pengeluarane dadi nambah” (Katanya berpuasa, tetapi ternyata belanja yang dibeli lebih banyak, puasa ternyata malah menyebabkan pengeluarannya bertambah). Semoga itu hanyalah status WhatsApp, tidak lebih, dan kita semua setelah berpuasa memperoleh ketaqwaan yang sempurna.

Penulis: Dr. Rusmadi, M.Si, Sekretaris Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang/ Pengurus Pusat Asosiasi Ahli Lingkungan Hidup Indonesia.

Serial artikel Sains Ramadhan merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut