get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Berdoa Sebagai Kebutuhan Utama Manusia Mukmin

Rabu, 20 April 2022 | 06:03 WIB
header img
(Foto: Freepik)

Kewajiban berdo'a dan kemuliaan berdo'a

Allah swt berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: "Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Ghafir: 60).

Dari ayat ini menunjukkan bahwa berdo'a kepada Allah SWT hukumnya wajib dan orang yang tidak mau berdo'a masuk katagori sombong.

Rasulullah Saw bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنْ الدُّعَاءِ

Dari Abu Hurairah ra, berkata bahwasanya Rasulullah Saw bersabda: Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Para ulama menjelaskan mengapa doa merupakan sesuatu yang paling mulia di sisi Allah SWT dibandingkan yang lainnya, yaitu karena di dalam doa terdapat bentuk sikap merendahkan diri seorang hamba kepada Allah SWT.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut