get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Akurasi Sains Modern dan Islam, Cetak Manusia Rahmatan Lil Alamin

Selasa, 26 April 2022 | 20:46 WIB
header img
ilustrasi (Foto: pixabay)

Mungkinkah para saintis dianggap sebagai para mujahidin di “medan perang” yang berada di jalan Allah? (QS 9:122; Jami’ At-Tirmidzi 1385). Jika cacah kemunculan sebuah kata dalam Al-Qur’an menunjukkan tingkat kepentingannya, maka sains (‘ilm) dalam posisi yang sangat terhormat. ‘Ilm muncul sebanyak 105 kali, lebih banyak dibandingkan dengan penyebutan ad-din yang sebanyak 103 kali. 

Berdasarkan landasan ini menunjukkan bahwa keberadaan sains di muka bumi ke depan menjadi ukuran kemakmuran bumi yang rahmatan lil’alamiin. Jika ini disepakati, maka roda peradaban Islam akan kembali kembali berjaya sebelum keruntuhan pada masa lalu.

Tantangan di atas memberikan kritik baru  bagi dunia pendidikan Islam agar bergerak responsif terhadap banyaknya tantangan dan kebutuhan perkembangan masyarakat yang sangat pesat. Terlebih dengan perkembangan peradaban Islam di segala aspek tidak akan pernah meninggalkan konsep pengetahuan (‘ilm), berpacu berkolaborasi dengan  waktu dan selalu menyatu dengan sentuhan sikap yang mempengaruhi pengetahuan tertinggi sebagai bagian dalam jiwa muslim. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut