get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Manfaat Vaksin dan Titik Kritis Kehalalannya

Rabu, 27 April 2022 | 11:01 WIB
header img
ilustrasi vakasin (foto: pixabay)

Penulis : Dr. Ervin Tri Suryandari, M.Si., 

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Beberapa waktu lalu kita sering mendengar berita tentang vaksin terutama kaitannya dengan usaha pencegahan penularan terkait wabah Covid 19. Dalam ajaran Islam menjaga kesehatan atas diri sendiri dan orang lain termasuk salah satu dari lima prinsip pokok. 

Vaksinasi sebagai salah satu tindakan medis untuk mencegah terjangkitnya penyakit dan penularan penyakit. Menjaga kesehatan, dalam prakteknya dapat dilakukan melalui upaya preventif, dimana salah satu ikhtiarnya dapat dilakukan dengan cara vaksinasi. Dalam kaidah fikih disebutkan, “Bahaya harus dicegah sedapat mungkin”.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengobatan adalah seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya “Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obatnya, demikian pula Allah menjadikan bagi setiap penyakit ada obatnya. Maka berobatlah kalian dan janganlah berobat dengan yang haram” (HR. Abu Dawud).

Vaksin adalah senyawa yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan senyawa antibodi (anti-penyakit) agar tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit atau mengurangi pengaruh infeksi dari penyakit-penyakit tertentu. 

Walaupun vaksin dianggap paling efektif melawan dan memusnahkan penyakit infeksi, setiap jenis vaksin tetap memiliki efektivitas yang terbatas. Ketersediaan vaksin yang aman dan efektif sangat penting untuk mengakhiri pandemi COVID-19, jadi sangat menggembirakan melihat begitu banyak vaksin yang terbukti dan dikembangkan. WHO bekerja tanpa lelah dengan mitra untuk mengembangkan, memproduksi, dan menyebarkan vaksin yang aman dan efektif.

Vaksin dinilai aman dan efektif untuk mencegah penularan, tetapi di masa mendatang kita harus terus mengenakan masker, membersihkan tangan, memastikan ventilasi yang baik di dalam ruangan, menjaga jarak secara fisik, dan menghindari keramaian. 

Telah divaksinasi bukan berarti bahwa kita dapat mengabaikan angin dan menempatkan diri kita sendiri dan orang lain dalam risiko, terutama karena penelitian masih berlangsung tentang seberapa banyak vaksin melindungi tidak hanya terhadap penyakit tetapi juga terhadap infeksi dan penularan.

Kuman ada di sekitar kita, baik di lingkungan kita maupun di dalam tubuh kita. Ketika seseorang rentan dan mereka menemukan organisme berbahaya, itu dapat menyebabkan penyakit dan kematian. Tubuh memiliki banyak cara untuk mempertahankan diri terhadap patogen (organisme penyebab penyakit). Kulit, lendir, dan silia (rambut mikroskopis yang memindahkan puing-puing dari paru-paru) semuanya bekerja sebagai penghalang fisik untuk mencegah patogen memasuki tubuh.Ketika patogen menginfeksi tubuh, pertahanan tubuh kita, yang disebut sistem kekebalan, dipicu dan patogen diserang dan dihancurkan atau diatasi.

Respon alami tubuh
Patogen adalah bakteri, virus, parasit atau jamur yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Setiap patogen terdiri dari beberapa subbagian, biasanya unik untuk patogen tertentu dan penyakit yang ditimbulkannya. Bagian dari patogen yang menyebabkan pembentukan antibodi disebut antigen. Antibodi yang diproduksi sebagai respons terhadap antigen patogen merupakan bagian penting dari sistem kekebalan. Anda dapat menganggap antibodi sebagai tentara dalam sistem pertahanan tubuh Anda. Setiap antibodi, atau prajurit, dalam sistem kami dilatih untuk mengenali satu antigen spesifik. 

Kita memiliki ribuan antibodi yang berbeda dalam tubuh kita. Ketika tubuh manusia terpapar antigen untuk pertama kalinya, dibutuhkan waktu bagi sistem kekebalan untuk merespons dan menghasilkan antibodi yang spesifik untuk antigen tersebut. Sementara itu, orang tersebut rentan jatuh sakit.
Setelah antibodi spesifik antigen diproduksi, mereka bekerja dengan sistem kekebalan tubuh lainnya untuk menghancurkan patogen dan menghentikan penyakit.

Antibodi terhadap satu patogen umumnya tidak melindungi terhadap patogen lain kecuali ketika dua patogen sangat mirip satu sama lain, seperti sepupu. Begitu tubuh memproduksi antibodi dalam respons utamanya terhadap antigen, ia juga menciptakan sel memori yang memproduksi antibodi, yang tetap hidup bahkan setelah patogen dikalahkan oleh antibodi. Jika tubuh terpapar patogen yang sama lebih dari satu kali, respons antibodi jauh lebih cepat dan efektif daripada yang pertama kali terjadi karena sel-sel memori siap untuk memompa antibodi melawan antigen itu.

Ini berarti bahwa jika orang tersebut terkena patogen berbahaya di masa depan, sistem kekebalan mereka akan dapat segera merespons, melindungi dari penyakit.

Gambar. Tubuh merespon pathogen yang masuk

Bagaimana vaksin bekerja?
Vaksin mengandung bagian yang lemah atau tidak aktif dari organisme tertentu (antigen) yang memicu respons imun di dalam tubuh. Vaksin yang lebih baru berisi cetak biru untuk memproduksi antigen daripada antigen itu sendiri. 

Terlepas dari apakah vaksin terdiri dari antigen itu sendiri atau cetak biru sehingga tubuh akan memproduksi antigen, versi yang dilemahkan ini tidak akan menyebabkan penyakit pada orang yang menerima vaksin, tetapi akan mendorong sistem kekebalan mereka untuk merespon sebanyak mungkin. itu akan terjadi pada reaksi pertamanya terhadap patogen yang sebenarnya.

Gambar. Cara Kerja Vaksin

Apa saja kandungan dalam vaksin?
Menurut WHO vaksin mengandung fragmen kecil dari organisme penyebab penyakit atau cetak biru untuk membuat fragmen kecil. Mereka juga mengandung bahan lain untuk menjaga vaksin tetap aman dan efektif. 

Bahan-bahan terakhir ini termasuk dalam sebagian besar vaksin dan telah digunakan selama beberapa dekade dalam miliaran dosis vaksin.Setiap komponen vaksin memiliki tujuan tertentu, dan setiap bahan diuji dalam proses pembuatannya. Semua bahan diuji untuk keamanan.

a)  Antigen

Semua vaksin mengandung komponen aktif (antigen) yang menghasilkan respon imun, atau cetak biru untuk membuat komponen aktif. Antigen mungkin merupakan bagian kecil dari organisme penyebab penyakit, seperti protein atau gula, atau mungkin seluruh organisme dalam bentuk yang lemah atau tidak aktif.

b)  Pengawet

Pengawet mencegah vaksin terkontaminasi setelah vial dibuka, jika akan digunakan untuk memvaksinasi lebih dari satu orang. Beberapa vaksin tidak memiliki bahan pengawet karena disimpan dalam botol dosis tunggal dan dibuang setelah dosis tunggal diberikan. Pengawet yang paling umum digunakan adalah 2-fenoksietanol. Ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam sejumlah vaksin, digunakan dalam berbagai produk perawatan bayi dan aman untuk digunakan dalam vaksin, karena memiliki sedikit toksisitas pada manusia.

c)   Stabilisator

Stabilisator mencegah reaksi kimia terjadi di dalam vaksin dan menjaga komponen vaksin agar tidak menempel pada botol vaksin.
Stabilisator dapat berupa gula (laktosa, sukrosa), asam amino (glisin), gelatin, dan protein (albumin manusia rekombinan, berasal dari ragi).

d)  Surfaktan

Surfaktan membuat semua bahan dalam vaksin bercampur menjadi satu. Mereka mencegah pengendapan dan penggumpalan elemen yang ada dalam bentuk cair vaksin. Mereka juga sering digunakan dalam makanan seperti es krim.

e)   Sisa/Residu

Residu adalah sejumlah kecil dari berbagai zat yang digunakan selama pembuatan atau produksi vaksin yang bukan merupakan bahan aktif dalam vaksin yang sudah jadi. Zat akan bervariasi tergantung pada proses pembuatan yang digunakan dan mungkin termasuk protein telur, ragi atau antibiotik. Jejak sisa zat ini yang mungkin ada dalam vaksin dalam jumlah yang sangat kecil sehingga perlu diukur sebagai bagian per juta atau bagian per miliar.

f)   Pengencer

Pengencer adalah cairan yang digunakan untuk mengencerkan vaksin ke konsentrasi yang benar segera sebelum digunakan. Pengencer yang paling umum digunakan adalah air steril.

g)  Pembantu

Beberapa vaksin juga mengandung adjuvant. Sebuah adjuvant meningkatkan respon imun terhadap vaksin, kadang-kadang dengan menjaga vaksin di tempat suntikan untuk sedikit lebih lama atau dengan merangsang sel-sel kekebalan lokal. Bahan pembantu dapat berupa sejumlah kecil garam aluminium (seperti aluminium fosfat, aluminium hidroksida atau kalium aluminium sulfat). Aluminium telah terbukti tidak menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, dan manusia menelan aluminium secara teratur melalui makan dan minum.

Di Manakah Titik Kritis Kehalalan Vaksin?

Pemeriksaan kehalalan produk, termasuk vaksin, dimulai dari hulu hingga hilir. Artinya, dari mulai bahan baku, proses pembuatan, pengemasan, hingga vaksin sampai ditangan konsumen. Sebelumnya, LPPOM MUI sudah berpengalaman dalam mensertifikasi kehalalan beberapa vaksin, seperti vaksin influenza dan vaksin Bacillus Calmette–Guérin (BCG). 

Menurut kaidah proses sertifikasi halal berdasarkan sistem jaminan halal bahwa pengertian produk halal secara substansi yaitu produk yang diproduksi dari bahan yang halal di fasilitas yang tidak terkontaminasi bahan haram dan najis, sehingga status kehalalan suatu produk bergantung pada bahan yang digunakan dan proses produksi serta fasilitas produksinya.

Kehalalan suatu produk umumnya diketahui dari status kehalalan bahan baku yang digunakan, dan proses pembuatan, dan fasilitas produksinya. Pada proses pembuatan vaksin yang menggunakan kultur jaringan, rekombinan atau yang memerlukan perbanyakan bakteri atau virus, tentu perlu dianalisis bahan media yang digunakan. Beberapa jenis vaksin yang beredar dapat diketahui bahan baku dan proses pembuatannya, sehingga dapat dianalisis titik kritisnya.

Titik kritis kehalalan vaksin yang pertama yaitu sumber bahan dalam pembuatan vaksin. Kehalalan bahan yang berasal dari tumbuhan adalah halal (seperti minyak tumbuhan), kecuali dalam proses pembuatannya ada penambahan bahan tambahan atau bahan penolong proses produksi yang diragukan kehalalannya. Kehalalan bahan obat-obatan yang berasal dari hewan, jika berasal dari hewan haram maka tidak boleh digunakan,  jika berasal dari hewan halal yang tidak disembelih sesuai syariat Islam juga tidak boleh digunakan kecuali bulu, rambut dan tanduk dari bangkai hewan halal termasuk hewan yang tidak disembelih secara syar’i boleh digunakan hanya untuk obat luar. 

Kehalalan bahan dari batuan/mineral jelas halal, dari sintetik kimia halal asalkan tidak ada bahan tambahan lain yang haram atau diragukan kehalalannya. Kehalalan bahan yang berasal dari tubuh manusia jelas haram seperti ekstrak plasenta anak bayi sebagai obat anti aging (anti penuaan) dan albumin serum darah manusia sebagai pelarut vaksin atau obat-obatan lainnya. (LPPOM MUI, 2014; MUI, 2018).

Jenis bahan dalam pembuatan vaksin terdiri dari bahan aktif (bibit vaksin), bahan eksipien dan bahan kemasan primer yang kontak langsung dengan vaksin.

Bahan aktif (antigen) bisa berasal dari virus, bakteri atau toksin. Titik kritis kehalalannya bergantung pada bahan yang digunakan sebagai bahan media atau kultur sel, bahan eksipien, bahan penolong yang bisa menggunakan karbon aktif dari hewan, cryoprotectant dan cleaning agent yang bisa menggunakan gliserol.

Sedangkan bahan Eksipien (tambahan) terdiri dari bahan :

a)   Adjuvants yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Titik kritis pada bahan ini adalah dapat menggunakan squalene yang ditambahkan gelatin yang bisa berasal dari hewan haram atau jika hewan halal maka pastikan cara penyembelihannya sesuai syariat islam,

b)  Preservatives yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya bakteri/jamur selama pembuatan vaksin. Titik kritisnya adalah pada penggunaan neomycin sebagai produk mikrobial, proses purifikasi dilakukan untuk menghilangkan semua formaldehid dalam vaksin (jika menggunakan formaldehid). Cara yang dipilih pada proses purifikasi perlu mendapatkan perhatian juga, terkait bahannya.

c)   Stabilizer yang berfungsi untuk menjamin stabilitas vaksin selama penggunaan. Titik kritisnya adalah pada penggunaan lactose-sorbitol dan sorbitol-gelatin yang bisa berasal dari bahan haram.

Bahan yang menjadi titik kritis juga adalah kemasan primer yang kontak langsung dengan vaksin. Perlu dipastikan bahwa bahan pembuat kemasan bebas bahan haram dan najis juga penanganan kemasan dipastikan tidak terkontaminasi bahan haram dan najis.

Contoh: Inactivated Vaccine (Killed Vaccine)

Virus dibiakkan dengan tissue culture (cell line atau vero cell yang berasal dari ginjal kera). Pemecahan virus dilakukan dengan tripsinasi menggunakan enzim tripsin, dan inaktivasi virus menggunakan beta propiolakton yang bertujuan menginaktifkan RNA. Kemudian dilakukan purifikasi menggunakan kromatografi kolom dengan fase diam silika atau sukrosa gradien, sehingga didapatkan whole virus (sebagai bahan aktif pembuatan vaksin). Bahan aktif dilarutkan dalam larutan dapar fosfat atau larutan dapar saline. Kemudian, ajuvan ditambahkan untuk menguatkan respons imun (disebut imunogenik, dan umumnya digunakan aluminium hidroksida). Tahap akhir adalah dispensing (bottling) dan pengemasan.

Dari proses di atas, kita dapat menentukan titik kritis kehalalan produk yang dihasilkan. Pertama, pada proses pembiakan virus dengan teknik kultur jaringan harus dipastikan status kehalalan bahan-bahan yang digunakan. Kedua, pemecahan sel virus dengan enzim tripsin juga harus dipastikan berasal dari bahan baku dan proses yang halal. Ketiga, proses inaktivasi virus menggunakan beta propiolakton, bahan ini juga harus dipastikan status kehalalannya. Terakhir pada proses purifikasi harus dipastikan menggunakan teknik yang tepat. Tidak ada masalah apabila menggunakan silika, namun lain halnya ketika menggunakan gradien sukrosa.

Titik kritis kehalalan selanjutnya adalah pada proses, fasilitas dan peralatan produksi dimana dalam memproduksi sebuah vaksin harus dipastikan bahwa seluruh fasilitas dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi adalah bebas babi.

Proses produksi vaksin terdiri dari beberapa tahapan proses antara lain penyiapan kultur/media à penyegaran/refreshing à pengembangan inokulum à produksi produk dalam bireaktor pemanenan dan pemurnian hingga memperoleh vaksin sebagai produk akhir. Setiap tahapan proses memiliki titik kritis kehalalannya antara lain  sebagai berikut :

Gambar. Titik Kritis Kehalalan proses produksi vaksin

Selain proses produksi, penting juga untuk memperhatikan kondisi selama penanganan pasca produksi termasuk pendistribusiannya untuk mencegah terjadinya kontaminasi dengan bahan haram/najis.

Dengan mengetahui titik kritis kehalalan vaksin baik dari segi bahan dan prosesnya membuka peluang besar bagi para peneliti untuk mengembangkan ilmunya dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan menghasilkan vaksin yang halal yang mampu memberikan ketentraman kepada umat.

*Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Serial artikel Sains Ramadhan merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut