get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Fakta-fakta Ilmiah dalam Al Qurán yang Mendahului Sains

Minggu, 01 Mei 2022 | 11:13 WIB
header img
Banyak sains dari Al-Qurán yang baru terungkap kebenarannya seiring dengan kemajuan teknologi. (foto: pixabay)

Temuan teori sains ini ditemukan oleh Antonio Snider pada tahun 1858 M (1226 tahun setelah Rasulullah wafat (632M)) yang menyatakan bahwa “Pada bagian benua yang lebih tebal seperti pada jalur pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan Magma”
Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Al-Quran, dalam surah Al-Anbiya ayat 31”,

"Dan telah Kami jadikan di Bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di Bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk," (Al-Anbiya: 31).

Dalam ayat lainnya, Allah berfirman, "Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak?," (An-Naba’ : 6-7). Serta dalam surah An-Nahl Ayat 15 yang artinya "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,". 

2. Adanya perisai yang melindungi bumi dari radiasi
Sabuk radiasi Van Allen merupakan dua sabuk partikel bermuatan di sekitar planet Bumi yang ditahan di tempatnya oleh medan magnet Bumi. Sabuk Van Allen eksis karena terdapat “blind spot” di medan magnet Bumi yang disebabkan oleh kompresi dan peregangan dari angin matahari. Sabuk radiasi Van Allen berada pada ketinggian 1000 sampai 60.000 kilometer di atas permukaan Bumi. Medan magnet Bumi berfungsi sebagai cermin magnetik yang memantulkan partikel bermuatan bolak-balik sepanjang garis gaya yang merentang antara Kutub Magnetik Utara dan Selatan.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut