get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Fakta-fakta Ilmiah dalam Al Qurán yang Mendahului Sains

Minggu, 01 Mei 2022 | 11:13 WIB
header img
Banyak sains dari Al-Qurán yang baru terungkap kebenarannya seiring dengan kemajuan teknologi. (foto: pixabay)

Adanya perisai “Van Allen Radiation Belt” ditemukan oleh Dr. James Van Allen pada Tahun 1958 M (1326 tahun setelah Rasulullah wafat (632 M)) yang menyatakan bahwa perisai ini mengandung dua jalur yang menahan serangan radiasi dari matahari dan gas berbahaya di angkasa sampai ke bumi. Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Al-Qurán surah Al-Anbiya Ayat 32 yang artinya “Dan Kami menjadikan langit sebagai atap (bumbung) yang terpelihara dan terkontrol, namun mereka tetap berpaling dari tanda-tanda (kebesaran Allah) itu (matahari, bulan, angin, awan, dan lain-lain).
 
3. Adanya Gelombang (Ombak) dibawah permukaan laut
Adanya ombak dibawah permukaan laut ini disebabkan oleh banyak sebab, yaitu perbedaan suhu, kerapatan dan kadar garam antara dua jenis air laut, gaya Tarik gravitasi antara gravitasi bumi dan gravitasi bulan, bentuk permukaan dasar laut yang tidak rata, dan Cuaca. 

Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Al-Qurán surah An-Nur ayat 40 yang artinya “Atau (keadaan orang-orang kafir) seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh gelombang demi gelombang, di atasnya ada (lagi) awan gelap. Itulah gelap gulita yang berlapis-lapis. Apabila dia mengeluarkan tangannya hampir tidak dapat melihatnya. Barangsiapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikit pun. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut