get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Trend Dakwah Melalui Media Digital

Senin, 13 Juni 2022 | 16:59 WIB
header img
Dakwah melalui media digital makin jadi tren. (foto: youtube)

Proses penyampaian pesan dakwah yang awalnya dilakukan dengan tatap muka (face to face) dengan teknologi dapat diubah dengan media digital online. Berdakwah tidak perlu lagi harus bertatap muka langsung tetapi bisa dilakukan dari tempat masing-masing dan bisa tersampaikan secara langsung ke beberapa jamaah secara mudah dan cepat.

Media digital hadir sebagai bagian penting dalam memberikan kemudahan dalam menyajikan pesan dakwah kepada umat manusia kapan pun dan dimanapun berada. Dengan media digital dakwah tidak terbatas pada ruang dan waktu. Dakwah dapat tersampaikan kepada umat manusia di belahan dunia manapun, dan dapat diterima kepada umat manusia kapanpun tanpa mengenal waktu. 

Efek pandemi covid-19 mengajarkan semua orang menggunakan media digital untuk menggunakan media online sebagai sarana untuk berkomunikasi, bekerja, rapat, berdakwah dan lain sebagainya. Dakwah dengan menggunakan online lebih mudah diterima karena sangat efektif dan efisien. Proses terjadinya digitalisasi, teknologi dan informasi merupakan waktu yang tepat dan kesempatan penting bagi umat manusia untuk memanfaatkan segala bentuk perkembangan zaman di dalam dunia digital, termasuk di dalamnya proses kegiatan berdakwah melalui media digital (fahruddin, 2021)

Dalam menyampaikan dakwah, dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital melalui internet. Media ini telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh penjuru dunia. Hampir sebagai orang sekarang memiliki perangkat handphone sehingga dapat mengakses media dengan sangat mudah di manapun dan kapan pun mau. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut