get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Trend Dakwah Melalui Media Digital

Senin, 13 Juni 2022 | 16:59 WIB
header img
Dakwah melalui media digital makin jadi tren. (foto: youtube)

Banyak penceramah kondang yang memanfaatkan media dakwah dengan Youtube dengan baik. Adapun model dakwah di Youtube dapat berupa video ceramah serial, video ceramah singkat, video ceramah potongan, video music/lagu, dan video cerita singkat.  
Media social facebook, twitter dan instagram memiliki kekhasan yang hampir sama.

Media tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah yang efektif. Dakwah dengan menggunakan media tersebut merupakan alternatif dakwah selain dakwah secara langsung. Dakwah dapat dilakukan dengan membuat tulisan atau artikel panjang yang di posting ke dalam group-group facebook. Selain itu juga dapat menggunakan penulisan status yang singkat dan padat sehingga orang dapat melihat status yang di posting.  Selain dengan posting status, pendakwah juga bisa mengirimkan fasilitas pesan yang ada di masing-masing media sosial tersebut.

Aplikasi video conference seperti zoom dan google meet juga dapat digunakan sebagai media dakwah secara efektif. Dengan video conference penceramah langsung bisa interaksi langsung dengan pendengar secara mudah dan cepat. Seorang penceramah cukup membuat acara  sesuai dengan jadwal yang di inginkan dalam aplikasi video conference tersebut. Kemudian penceramah cukup menginformasikan link untuk joint video conference kepada jamaah. Pada saat jadwal yang ditentukan tinggal dibuka acaranya jamaah bisa langsung masuk dengan mudah untuk mengikuti dakwah secara virtual dengan sangat mudah.

Semakin mudah nya pemanfaatan teknologi untuk dakwah tentunya akan menimbulkan efek yang positif dan negatif. Oleh karena itu baik penceramah maupun jamaah harus benar-benar dapat melakukan filterisasi terhadap efek-efek yang tidak baik. Sehingga pemanfaatan media digital untuk berdakwah akan menjadikan dakwah dapat berjalan secara mudah dan efisien. 

*Dosen Prodi Teknologi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut