Jangan Panik, Kenali Gejala Cacar Monyet dan Cara Mengobatinya

Ami Heppy S
Penampakan tangan pasien yang terkena cacar monyet. Foto: WHO

VIRUS CACAR monyet atau monkeypox dilaporkan telah sampai di Singapura. Kementerian Kesehatan negara tetangga itu mengkonfirmasi seorang warga negara Inggris berprofesi sebagai pramugara positif terinfeksi cacar monyet.

Meski kasus cacar monyet belum ditemukan di Indonesia, namun pemerintah telah melakukan sejumlah langkah antisipasi. Ada 2 laboratorium yang disiapkan oleh pemerintah untuk mendeteksi dini monkeypox yaitu Lab Pusat Studi Satwa Primata LPPM IPB Bogor, dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Sri Oemiyati, BKPK, Jakarta.

Virus cacar monyet atau monkeypox virus merupakan virus yang menyebabkan penyakit cacar monyet. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, virus monkeypox merupakan anggota genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae.

Monkeypox ini pertama kali ditemukan di Denmark pada 1958 ketika ada dua kasus mirip cacar muncul pada koloni kera yang dipelihara untuk penelitian.

Sedangkan kasus pada manusia pertama kali diidentifikasi terjadi pada seorang anak laki-laki berusia 9 tahun asal Kongo tahun 1970.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network