get app
inews
Aa Read Next : Eks Jubir FPI Munarman Bebas Hari Ini

Kasus Tak Kunjung Disidangkan, Akhmad Hadian Lukita Dibebaskan dari Tahanan

Kamis, 22 Desember 2022 | 09:46 WIB
header img
Akhmad Hadian Lukita, mantan Dirut PT LIB (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNewsSemarang.idAkhmad Hadian Lukita kini bisa menghirup udara bebas, setelah dibebaskan dari tahanan Polda Jawa Tiimur. Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru ( PT LIB) itu dibebaskan lantaran berkas perkara yang disangkakan tak kunjug rampung atau P-21. Alhasil, tersangka sehingga belum disidangkan.

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur terpaksa mengengembalikan berkas kasus tragedi Kanjuruhan tersebut masihh belum sempurna atau P19. Karena pada waktu yang bersamaan masa penahanan habis, akhirnya tersangka untuk sementara dibebaskan.

“Dengan waktu (penahanan) yang sudah habis ini, kami wajib untuk mengeluarkan (Hadian) dulu,” kata Kasubdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Achmad Taufiqurrahman saat di Kejati Jatim, Rabu (21/12/2022).

Sementara itu, untuk lima tersangka lainnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim dan ditahan untuk 20 hari ke depan..

Dia menjelaskan, berkas perkara Hadian dianggap belum memenuhi syarat oleh jaksa penuntut umum. Sehingga, jaksa mengembalikan berkas tersebut. Maka, penyidik akan segera melakukan perbaikan dan melengkapinya.

"Terkait dengan kelengkapan syarat materiil, kami akan melakukan kelengkapan terhadap kekurangan itu,” ujarnya.

Meski Hadian dibebaskan dari tahanan, polisi tak menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan dari kepolisian (SP3), sehingga, Hadian masih berstatus tersangka.

"Kami tidak SP3. Rencananya kami akan berupaya mencari keterangan ahli kembali," katanya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut