get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Covid-19, Dinkes Demak Imbau Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Cegah Penularan Varian Baru Arcturus, IDI Imbau Masyarakat Gunakan Masker Saat Halal Bihalal

Sabtu, 22 April 2023 | 18:13 WIB
header img
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengimbau masyarakat mengenakan masker saat berlebaran untuk mencegah penularan varian baru Covid-19. Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Idul Fitri menjadi momen bersilaturahmi dengan keluarga. Bahkan tak jarang diadakan halal bihalal baik dengan keluarga maupun alumni sekolah. Namun demikian, masyarakat dihimbau untuk tetap mengenakan masker mencegah penyebaran Covid-19. Terlebih dengan adanya varian baru Arcturus.

Masker jadi bagian protokol kesehatan (prokes) selama Covid-19. Menurut, Ketua ikatan dokter indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi, masker tidak masalah bila dilepas, asalkan kondisi sehat.

"Boleh kita silaturahmi dengan keluarga, saling berkunjung tapi dengan tetap yang kita kunjungi jaga kesehatannya, kita sendiri juga harus menjaga kesehatan kita. Kalau kita kunjungi adalah orang-orang tua, kemudian ada risiko penyakit, sedangkan mungkin kita dalam kondisi kurang sehat, maka masyarakat tetap menggunakan masker," kata dr Adib saat Konferensi Pers di Gedung PB IDI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, virus SARs-COV-2 (Covid-19) menyebar melalui droplet atau percikan dari saluran pernapasan seperti percikan ingus, bersin dan batuk, maka orang yang wajib menggunakan masker adalah mereka yang mengalami demam, orang yang sedang flu/batuk/bersin, dan orang yang sedang dalam pemulihan dari sakit.

Namun, masyarakat umum tidak diperlukan untuk menggunakan masker N95, cukup masker bedah biasa.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut