get app
inews
Aa Read Next : Santri Ponpes di Kediri Tewas Diduga Dianiaya Teman, Awalnya Korban Dilaporkan Terpeleset

6 Fakta Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu, Pesantren Mahasiswa Tertua Dekat UIN Walisongo 

Minggu, 24 September 2023 | 07:00 WIB
header img
Halaman depan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu, salah satu pesantren mahasiswa tertua di dekat UIN Walisongo Semarang. Foto ist.

Santri-santri awal tersebut, mengaji kepada pengasuh pesantren yaitu KH. Asyikin, KH. Mustaghfirin, dan KH. Abdul Kholik. Selain itu, sebagian santri yang dipandang mampu juga didaulat menjadi guru bagi santri sebayanya,mengingat sebagian dari mereka masuk ke pesantren telah memiliki bekal ilmu dari pesantren lain sebelum ke Semarang.

Para santri senior mengajar para santri yunior dan anak anak SMP Hasanudin, dengan rujukan kitab kitab seperti tajwid, jurumiyah, sorof dan sebagainya. Adapun pengajian bersama Pengasuh rujukan kitabnya adalah  Tafsir Jalalain, Riyadussalihin, Asybah Wan Nadloir, Bulughul Marom, Taqrib, Kifayatul Ahyar, Nadhom maqsud, Nihayatuz Zain. 

3. Terletak di bawah Candi Tugu

Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu memiliki yang  terletak di belakang Masjid Jami’ Al Amin Tugurejo juga berada di bawah bukit yang terdapat Candi Tugu. 

Bukit yang terdapat Candi Tugu tersebut, secara turun temurun menurut warga sekitar disebut berkaitan dengan perbatasan Kerajaan Majapahit-Pajajaran. Di sekitar Candi Tugu juga terdapat monumen yang berbahasa Belanda.

Para santri Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu bisa setiap saat melihat view candi tersebut karena lokasinya sangat berdekatan. Tak jarang beberapa santri memanfaatkannya sebagai tempat olahraga karena lokasinya terbuka dan berkontur naik turun.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut