get app
inews
Aa Read Next : Santri Ponpes di Kediri Tewas Diduga Dianiaya Teman, Awalnya Korban Dilaporkan Terpeleset

6 Fakta Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu, Pesantren Mahasiswa Tertua Dekat UIN Walisongo 

Minggu, 24 September 2023 | 07:00 WIB
header img
Halaman depan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu, salah satu pesantren mahasiswa tertua di dekat UIN Walisongo Semarang. Foto ist.

4. Diprakarsai tokoh setempat dan Ulama PWNU Jateng

Almarhum KH Zaenal Asyikin, pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu yang haulnya diperingati setiap Rabiul Awal. Foto ist.

 

Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu yang mulai dibangun didirikan pada tahun 1983 merupakan inisiatif para tokoh dan kiai di Kelurahan Tugurejo Tugu Semarang. 

Awalnya, keinginan supaya ada pondok pesantren di Tugurejo merupakan inisiasi oleh KH. Sambudhi (wafat 1967), namun keinginan kyai tersebut baru terealisasi oleh putranya, KH Zaenal Asyikin, yang selanjutnya menjadi pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu dan diperingati haulnya setiap bulan Rabiul Awal,

Disebutkan juga, tokoh yang ikut memberikan dorongan prakarsa ini adalah ulama sepuh alm. KH. Achmad Abdul Hamid Kendal, salah seorang ulama yang cukup disegani dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, kala itu.

Tanahnya merupakan tanah wakaf dari KH. Abdul Qodir, ibu 'Alimah Hj sholeh serta ibu Hj qomariyah H Muh Anwar (ibu dari KH. Mustaghfirin, salah satu pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Tugu). Sedangkan pembangunan gedung ini atas biaya dr ibu Hj. Khotijah binti Abdul basyir.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut