get app
inews
Aa Read Next : Alami Serangan Jantung, Aktor Senior Donny Kesuma Dilarikan ke Rumah Sakit

Waspada! Kesemutan Berulang Bisa Jadi Gejala Awal Stroke dan Serangan Jantung

Kamis, 31 Maret 2022 | 15:26 WIB
header img
Kesemutan berulang terjadi akibat kadar kolesterol yang tinggi dan bisa jadi gejala awal stroke. Foto ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Kesemutan menjadi salah satu pertanda awal seseorang menderita gejala stroke. Apalagi jika kesemutan datang berulang-ulang, jangan disepelekan dan segeralah periksakan ke dokter.

Diketahui, stroke bermula dari masalah kolesterol tinggi yang kerap hadir tanpa disadari. Kolesterol memiliki risiko yang berbahaya bagi kesehatan dan berdampak pada beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Dalam kebanyakan kasus itu hanya menyebabkan peristiwa darurat seperti serangan jantung atau stroke. Padahal kalau ditelisik lebih jauh, biasanya timbul gejala awal yang kerap disepelekan, salah satunya kesemutan atau kebas. 

Sering kesemutan terjadi karena sistem saraf yang terganggu akibat kolesterol tinggi. Jika sudah terlalu sering mengalami kesemutan, Anda harus waspada. Bisa jadi itu gejala awal dari stroke. 

Untuk mengetahui gejala awal stroke, Dokter Spesialis Saraf Stroke Center Brawijaya Hospital, dr M Arief Rachman, Sp S, menyarankan masyarakat lebih waspada jika merasakan kesemutan di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berulang itu bukan karena ada kerusakan pada saraf tubuh semata. 

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut