get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Buah Tropis Indonesia Sumber Kebahagiaan dan Kebijaksanaan

Kamis, 28 April 2022 | 16:57 WIB
header img
buah tropis melimpah di Indonesia. (foto: Pixabay)

Berdasarkan penelitian Ikram dkk. dalam jurnal Metabolites tahun 2020 diketahui bahwa gula sangat melimpah pada bagian daging buah nanas dibandingkan kulit dan mahkota. Kandungan metabolit pada bagian daging dan kulit buah dapat meningkat atau menurun selama proses pemasakan buah. 

Hal ini juga ditemukan dalam penelitian Parijadi dkk. dalam Journal of Bioscience and Bioengineering tahun 2017 bahwa manggis menunjukan perubahan warna kulit buah selama proses pemasakan buah dan memiliki kandungan gula serta asam amino yang berbeda pada kulit, daging buah dan biji.  

Oleh karena itu, kebebasan, keleluasaan dalam memilih dan kenikmatan dalam memakan buah menjadi salah satu cara mudah kita mengingat Allah SWT dan mensyukuri jaminan yang telah Allah SWT berikan bagi masyarakat Indonesia melalui keanekaragaman jenis kultivar, aroma dan cita rasa yang unik dari buah tropis Indonesia sepanjang tahun. Selanjutnya, kandungan senyawa dari buah tropis Indonesia dapat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara bijaksana dan tidak berlebihan. 

*Dosen Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, 2022
Serial artikel Sains Ramadhan merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut