get app
inews
Aa
Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Pelajaran Puasa dari Ikan Sidat, Tempuh 2 Ribu Kilometer Demi Buahi Telurnya

Minggu, 17 April 2022 | 13:35 WIB
header img
ikan sidat. (foto: world atlas)

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Sesungguhnya makhluk ciptaan Allah di Bumi memiliki kelebihan masing-masing, salah satunya adalah ikan sidat atau yang dikenal dengan nama lokal ikan Pelus. Ikan ini dapat bermigrasi menempuh jarak lebih dari 2.000 km agar telurnya bisa dibuahi.

Di Indonesia bisa ditemukan 7 jenis Ikan Sidat dari 18 jenis yang ada di dunia, yaitu Sidat yang bersirip dorsal pendek (Anguilla bicolor dan Anguilla bicolor pacifica), dan 5 spesies Sidat dorsal panjang (Anguilla borneensis, Anguilla marmorata, Anguilla celebensis, Anguilla megastoma dan Anguilla interioris).  Namun yang populer dan punya potensi besar untuk dikembangkan mempunyai ada 2 jenis,yaitu Anguilla bicolor dan Anguilla marmorata.

Ikan sidat merupakan ikan yang mampu hidup di air laut dan air tawar dalam fase hidupnya sehingga disebut hewan katadromous. Ikan ini mempunyai daur hidup yang kompleks karena fase pertumbuhan hidup di perairan tawar dan setelah mencapai dewasa melakukan migrasi dari perairan tawar menuju perairan laut untuk bereproduksi dengan tujuan untuk melestarikan keturunannya (Lucas & Baras, 2001).

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut