get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Pelajaran Puasa dari Ikan Sidat, Tempuh 2 Ribu Kilometer Demi Buahi Telurnya

Minggu, 17 April 2022 | 13:35 WIB
header img
ikan sidat. (foto: world atlas)

Dalam perjalanan 2000 km itu, sidat hanya akan mengurai dan mengorbankan otot tubuhnya untuk digunakan sebagai sumber energi. Konon setelah mampu menempuh 2000 km itu, tubuh sidat tinggal tersisa tulang, sedikit masa otot dan telur-telur dewasa yang siap untuk dibuahi. 

Puasa dan pengorbanan dari ikan sidat dilakukan demi menghasilkan insan-insan baru sidat yg siap untuk membangun peradaban dan menghadapi kerasnya tantangan kehidupan

Mengambil Ibrah dari puasa ikan sidat

Melalui ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari di bulan ramadhan, hendaknya kita bisa mengambil ibroh dari puasa dan pengorbanan ikan sidat :

1. Ikan sidat mengumpulkan energi dulu di air tawar sebai bekal sebelum hijrah dan berjuang ke air laut. 

Pada konteks ini kita dapat mengambil ibrah bahwa dalam mengisi bulan ramadhan ada 3 bekal yang disiapkan, yaitu Pertama Persiapan Nafsiyah (kejiwaan), maksudnya menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang gembira. Kesiapan hati ini sangat penting dan hendaknya kita berniat bersungguh-sungguh mengisi Ramadhan dengan ibadah dan amal saleh. Ciptakanlah suasana hati yang nyaman, dan bergembiralah menyambut datangnya Ramadhan. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut