Logo Network
Network

Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Moh. Miftahul Arief
.
Jum'at, 15 April 2022 | 19:23 WIB
Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Semarang. iNewsSemarang.id - Matematika merupakan ilmu dasar yang dipelajari mulai dari sekolah dasar sampai kuliah. Matematika adalah ilmu penting yang banyak diterapkan pada bidang ilmu lain. Sebagai ilmu dasar dan banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu matematika mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang menyukai dan enjoy dengan konsep matematika. 

Pada masa kejayaan Islam, matematika merupakan salah satu ilmu yang berkembang dengan pesat. Perkembangan matematika sangat pesat pada masa dinasti Abbasiyah. Dalam sejarah Islam, telah lahir matematikawan muslim seperti Al Khawarizmi, Al Battani, Al Qalasadi, Al Biruni, Al Khazin, Al Karaji, dan masih banyak yang lainnya. Matematikawan muslim tersebut mempunyai kontribusi yang besar dalam perkembangan ilmu matematika saat ini. 
Penemuan-penemuan matematikawan muslim menjadi warisan yang tak ternilai dan menjadi pedoman dalam mengembangkan matematika modern.
Perkembangan matematika tak lepas dari keingintahuan manusia akan makna yang terdapat pada firman-firman Allah SWT dalam Al Qur’an. Al Qur’an merupakan kitab suci umat Islam. Al Qur’an adalah kitab yang menjadi dasar hukum umat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. 

Al Qur’an memberikan petunjuk bagi umat Islam untuk dapat menjelaskan hubungan manusia dengan Allah SWT, menjelaskan hubungan manusia dengan manusia, menjelaskan fenomena alam, menjelaskan hukum, menjelaskan ketentuan-ketentuan lain yang dibutuhkan dalam hidup manusia.
Pada hakikatnya Al Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia karena Al Qur’an selalu menjadi kitab yang relevan dengan kehidupan manusia sampai akhir zaman. 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.