get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Jum'at, 15 April 2022 | 19:23 WIB
header img

Pada ayat tersebut disebutkan 3 (tiga) himpunan hewan; yaitu himpunan hewan yang berjalan di atas perut (ular, ulat, cacing, siput, lintah, dan lain-lain), himpunan hewan yang berjalan dengan dua kaki (ayam, burung, bebek, pinguin, dan lain-lain), dan himpunan hewan yang berjalan dengan empat kaki (sapi, kambing, kelinci, macam, dan lain-lain). 

Dalam matematika, himpunan adalah kumpulan objek-objek yang mempunyai sifat yang didefinisikan secara jelas. Sifat yang jelas pada ketiga himpunan tersebut adalah berjalan di atas perut, berjalan dengan dua kaki, dan berjalan dengan empat kaki.

2. Penjumlahan dan sistem Penanggalan

Penjumlahan terdapat dalam Al Qur’an surah Al A’raf ayat 142. Terjemahan surah Al A’raf ayat 142 adalah “Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: "Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan" [QS. Al A’raf : 142].

Sedangkan Surah Al A’raf ayat 142 menceritakan tentang Nabi Musa a.s yang pergi ke bukit Sinai untuk bermunajat kepada Allah SWT. Nabi Musa a.s berada di bukit Sinai selama 30 malam dan ditambah 10 malam atau selama 40 malam untuk menerima wahyu Allah berupa kitab Taurat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas terdapat konsep penjumlahan yaitu 30 + 10 = 40.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut