get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Jum'at, 15 April 2022 | 19:23 WIB
header img

4. Perbandingan, Bilangan Pecahan, dan Faraid

Bilangan pecahan juga terdapat dalam ayat-ayat Al Qur’an, yaitu pada surah An Nisa ayat 11. Terjemahan surah An Nisa ayat 11 adalah “Allah mensyariatkan (mewajibkan) kepadamu tentang (pembagian warisan untuk) anak-anakmu, (yaitu) bagian seorang anak laki-laki sama dengan bagian dua orang anak perempuan. Dan jika anak itu semuanya perempuan yang jumlahnya lebih dari dua, maka bagian mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Jika dia (anak perempuan) itu seorang saja, maka dia memperoleh setengah (harta yang ditinggalkan). Dan untuk kedua ibu-bapak, bagian masing-masing seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika dia (yang meninggal) mempunyai anak. Jika dia (yang meninggal) tidak mempunyai anak dan dia diwarisi oleh kedua ibu-bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga. Jika dia (yang meninggal) mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) setelah (dipenuhi) wasiat yang dibuatnya atau (dan setelah dibayar) utangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih banyak manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha bijaksana” [QS. An Nisa : 11].

Kalimat “bagian harta waris seorang anak laki-laki sama dengan bagian dua orang anak perempuan” dapat dituliskan dalam bentuk perbandingan sebagai berikut yaitu
Warisan anak laki-laki : warisan anak perempuan = 2 : 1

Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih yang mempunyai ukuran yang sama. Perbandingan juga dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yang paling sederhana. Perbandingan tersebut dapat bentuk pecahan menjadi :

Warisan anak perempuan / warisan anak laki-laki = 1/2

Setengah merupakan bilangan pecahan dimana 1 merupakan pembilang dan 2 merupakan penyebut. Bilangan pecahan dapat dituliskan dalam bentuk a/b dengan a dan b adalah bilangan bulat dimana b ≠ 0. 

Surah An Nisa ayat 11 tersebut membahas tentang Faraid (ilmu waris). Ketentuan-ketentuan dalam pembagian harta waris dijelaskan secara detail dalam surah tersebut dengan menyebutkan bilangan pecahan. Bilangan-bilangan pecahan yang disebutkan dalam surah An Nisa ayat 11 yaitu setengah, dua pertiga, seperenam, dan sepertiga. Konsep faraid banyak menggunakan bilangan pecahan. Penjelasan pembagian harta warisan dalam Al Qur’an membuat matematikawan muslim ingin mempelajari dan mengembangkan tentang pembagian harta warisan yang benar menurut Islam. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut