get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Jum'at, 15 April 2022 | 19:23 WIB
header img

Matematikawan muslim Al Khawarizmi menjelaskan tentang pembagian harta waris dalam kitab al Mukhtasar fi al Jabar wa al Muqabalah untuk memudahkan umat Islam dalam mempelajari ilmu Faraid. 

Jadi, dalam Al Qur’an telah terdapat konsep bilangan pecahan yang bertahun-tahun kemudian diteliti dan dikembangkan oleh matematikawan muslim untuk penggunaan praktis.

Konsep perbandingan juga terdapat dalam Al Qur’an surah Al Anfal ayat 65 dan 66. yang artinya “Wahai Nabi (Muhammad)! Kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan seribu orang kafir, karena orang-orang kafir itu adalah kaum yang tidak mengerti” [QS. Al Anfal ayat 65].

“Sekarang Allah telah meringankan kamu karena Dia mengetahui bahwa ada kelemahan padamu. Maka jika di antara kamu ada seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus (orang musuh); dan jika di antara kamu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Allah beserta orang-orang yang sabar [QS. Al Anfal ayat 66].

Surat Al Anfal ayat 65 menjelaskan konsep perbandingan yaitu 20 : 200 dan 100 : 1000. Kedua perbandingan tersebut jika disederhanakan menjadi 1 : 10.  Sedangkan dalam surah Al Anfal ayat 66 terdapat perbandingan 100 : 200 dan 1000 : 2000. Perbandingan tersebut disederhanakan menjadi 1 : 2. Pada surah Al Anfal ayat 62 perbandingan orang yang sabar dan orang yang kafir adalah 1 : 10. 

Dan seiring waktu, Allah telah meringankan beban orang yang sabar dan berjuang di jalan Allah karena Allah melihat kelemahan diantara kalian sehingga perbandingan orang sabar : orang kafir adalah 1 : 2. Hikmah dari surat Al Anfal ayat 65 adalah agar umat muslim harus selalu tegar menghadapi orang kafir meski dalam perbandingan yang tidak seimbang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut