get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Jum'at, 15 April 2022 | 19:23 WIB
header img

5. Perkalian

Konsep perkalian terdapat dalam Surah Al Baqarah ayat 261 yang artinya “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui” [QS. Al Baqarah : 261].

Surah Al Baqarah ayat 261 tersebut menjelaskan tentang pahala bersedekah di jalan Allah.  Konsep matematika dalam ayat tersebut adalah tentang perkalian yang terdapat pada kata “menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji”. Artinya ada 100 biji pada tiap bulir dan satu benih menghasilkan 7 bulir sehingga satu benih akan menghasilkan 7 x 100 = 700 biji. Jika dikaitkan dengan kandungan surah Al Baqarah ayat 261 maka bersedekah (mengeluarkan harta) di jalan Allah akan mendapatkan ganjaran pahala 700 kali lipat.

Konsep perkalian juga terdapat Surah Al An’am ayat 160. Terjemahan surah Al An’am ayat 160 adalah “Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikitpun tidak dirugikan (dizalimi) [QS. Al An’am : 160].

Surah Al An’am ayat 160 dengan jelas menceritakan tentang pahala yang akan diperoleh oleh orang-orang mukmin yang berbuat baik di hari pembalasan yaitu 10 kali lipat dari amalnya. Orang-orang yang berbuat jahat akan menerima balasan yang setimpal dengan perbuatannya. 
Ayat tersebut menjelaskan bahwa orang yang berbuat baik akan menerima pahala yang lebih banyak dari amalannya sementara orang yang berbuat jahat akan menerima balasan yang setimpal dengan perbuatannya (tidak lebih banyak atau tidak lebih sedikit). 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut