get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Sains Ramadhan: Temuan Ilmu Matematika dalam Ayat-ayat Al Qur'an

Jum'at, 15 April 2022 | 19:23 WIB
header img

Al Qur’an sebagai pedoman bagi umat Islam tidak hanya dalam beribadah saja tetapi juga dalam pengembangan ilmu. Ayat-ayat dalam Al Qur’an telah menerangkan dengan jelas tentang ilmu pengetahuan. Manusia tinggal menggali dan mengembangkannya saja. Ilmu matematika juga ilmu yang dikembangkan berdasarkan kajian Al Qur’an. Oleh karena itu, matematika tidak bisa lepas dari ayat-ayat Al Qur’an. Matematika pada zaman dahulu dikembangkan untuk menjelaskan dan melaksanakan perintah Allah SWT. 

Pengkajian ilmu matematika dilakukan untuk penentuan waktu shalat, penentuan arah kiblat, penentuan zakat, menjelaskan masalah faraid (pembagian harta warisan), pengukuran dua kulah, pembuatan kalender, dan masih banyak yang lainnya. 

Berikut beberapa ayat dalam Al Qur’an menjelaskan tentang konsep matematika:

1. Himpunan

Konsep himpunan dijelaskan dalam Al Qur’an Surat An-Nur ayat 45. Surat An Nur ayat 45 yang artinya “Dan Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” [QS. An-Nur : 45].

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut