get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Hindari Rayuan Menghilangkan Makanan dan Menyisakan Limbah Saat Buka Sahur

Rabu, 20 April 2022 | 17:47 WIB
header img
ilustrasi limbah. (foto: pixabay)

Dampak adanya Food Loss dan Food Waste

Food loss dan food waste saat ini merupakan masalah global. Tidak hanya di negara berkembang saja, tapi juga negara maju. Meskipun di negara berkembang kasus food loss dan food waste ini justru lebih sering terjadi akibat minimnya teknologi pangan dan pengolahan pangan. 

Lantas, apa dampak limbah pangan ini? Laporan UNEP 2021 disebutkan, limbah ini akan menjadi sumber emisi gas rumah kaca terbesar ketiga. Limbah makanan juga membebani sistem pengelolaan limbah, memperburuk kerawanan pangan, menjadikannya penyumbang utama tiga krisis planet yaitu perubahan iklim, hilangnya alam dan keanekaragaman hayati, serta polusi dan limbah.

Separah itu ternyata  dampak dari hilangnya makanan dan limbah makanan ya. Saat kecil , kita mungkin sering diperingatkan orang tua dengan seperti ini: ”Nang, entekno maeme, mengko nek ora enthek, ayame mati lho“. Ternyata dengan membuang limbah makanan, bukan ayam saja yang bisa mati, tetapi seluruh makhluk hidup ya.

Bagaimana kaitan limbah makanan dengan perubahan iklim?Makanan yang kita konsumsi,  diperoleh melalui tahapan yang sangat panjang, mulai dari produksi, distribusi, pengolahan hingga menjadi makanan yang siap disantap.  

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut