get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Hindari Rayuan Menghilangkan Makanan dan Menyisakan Limbah Saat Buka Sahur

Rabu, 20 April 2022 | 17:47 WIB
header img
ilustrasi limbah. (foto: pixabay)

Data Empirik Food Loss dan Food Waste].

Berdasarkan UNEP food Waste index tahun 2021 yang dikeluarkan oleh United Nations Environment Programme, limbah makanan dari rumah tangga, perusahaan ritel dan industri jasa makanan berjumlah 931 juta ton setiap tahun. Hampir 570 juta ton atau separuh lebih limbah ini terjadi di tingkat rumah tangga. 

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa rata-rata global 74 kg per kapita makanan yang terbuang setiap tahun. Keadaan pandemic memicu kenaikan jumlah food loss and waste.

Bagaimana dengan data di Indonesia?  Menurut data bartill Barilla Center For Food & Nutrition, Indonesia adalah negara kedua terbesar penyumbang food loss dan food waste.  Lebih lanjut, Hasil kajian Bappenas (2021) menyebutkan food loss dan food waste Indonesia per orang mencapai 184 kg per tahun atau secara total 48 juta ton dalam setahun. 

Jumlah makanan yang terbuang tersebut setara dengan memberikan makanan sebanyak 125 juta orang untuk mengentaskan kemiskinan dan penanganan stunting di Indonesia. Padahal tingkat kelaparan di Indonesia masuk kategori serius menurut Global Hunger Index. Sungguh memprihatinkan bukan?

Lebih ironis lagi, bulan Ramadhan ini nyatanya menunjukkan peningkatan jumlah hilangnya makanan dan limbah makanan. Data Statistik SW corp menaksir kenaikan limbah makanan pada bulan Ramadhan atau perayaan besar lain sekitar 15-20%. Apakah ini sejalan dengan tujuan puasa sebagai sarana untuk menahan diri dari hal hal yang tidak bermanfaat dan prihatin dengan keadaan orang orang yang kurang beruntung ya?

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut