get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Hindari Rayuan Menghilangkan Makanan dan Menyisakan Limbah Saat Buka Sahur

Rabu, 20 April 2022 | 17:47 WIB
header img
ilustrasi limbah. (foto: pixabay)

Ada berbagai cara untuk mengurangi jumlah limbah makanan ini. Jika kita mencari informasi dari google akan kita temukan banyak tip untuk mengurangi limbah ini. Salah satunya upaya yang masing masing kita bisa lakukan sesuai hierarki ini:

Gambar Hirarki pengolahan sampah makanan

Berdasarkan urutan ini, Langkah utama yang dapat kita lakukan adalah habiskan makanan kita, berbagi kepada sesama jika punya makanan berlebih, berbagi kepada binatang disekitar kita, mengubahnya menjadi biofuel (jika bisa), mengubahnya menjadi kompos, dan pilihan yang terakhir adalah buang makanan d TPA.

Lalu, bagaimana dengan food loss dan food waste selama Ramadhan ini? banyak tawaran untuk berbuka puasa bersama bukan? apa kita bisa tetap ikut buka puasa bersama tapi tanpa membuang limbah makanan? Jawabnya adalah Bisa. 

Dalam kanal youtube Dr. Kennia ditampilkan tips berbuka puasa bersama tanpa membuang banyak limbah makanan. Dalam videonya, suatu keluarga besar akan mengadakan Buka Puasa Bersama. Si Ibu diminta untuk menyediakan makanan ¼ kali dari jumlah yang biasanya dimasak untuk buka puasa bersama tanpa memberitahukan para tamu. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut