get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Fakta-fakta Ilmiah Khasiat Madu yang Disebutkan Al Qur’an

Kamis, 21 April 2022 | 16:20 WIB
header img
Keistimewaan madu yang dijelaskan dalam Al Qur'an ternyata selaras dengan fakta ilmiah. (foto: pixabay)

Keistimewaan madu tersebut dalam ayat Al-qur’an surat An-Nahl ayat 69 yaitu :

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: “Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan”. (QS. An-Nahl, 16: 69)

Pada ayat tersebut dikatakan bahwa madu merupakan makanan yang bernutrisi dan obat yang menyembuhkan bagi manusia. Kata syifa (obat) pada ayat tersebut di dalam al-Quran hanya terdapat di dua tempat, yaitu dalam konteks madu dan konteks al-Quran. 

Dengan demikian, seakan-akan madu adalah obat bagi tubuh, sementara al-Quran adalah obat bagi jiwa.  

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sendiri pernah bersabda yang artinya, ''Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Alquran adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran (sakit pikiran). Maka aku sarankan bagimu kedua penyembuh tersebut, Al Quran dan madu.'' (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadist Ibnu Mas'ud).

Berbagai riset modern pun menegaskan manfaat madu dalam sejumlah jurnal. Para ilmuwan, akhir-akhir ini juga tergerak hatinya melakukan penelitian secara mendalam akan khasiat madu secara ilmiah. Mereka membuktikan bahwa ternyata madu mamang memiliki efek yang menguntungkan pada kesehatan. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut