get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan: Fakta-fakta Ilmiah Khasiat Madu yang Disebutkan Al Qur’an

Kamis, 21 April 2022 | 16:20 WIB
header img
Keistimewaan madu yang dijelaskan dalam Al Qur'an ternyata selaras dengan fakta ilmiah. (foto: pixabay)

3. Aktivitas Penyembuh Luka dan Anti-Inflammatory (luka bakar)

Hazrati et al. 2010 pada jurnal Journal of Applied Animal Research melaporkan bahwa Madu memiliki khasiat antibakteri yang sangat baik terhadap MRSA dan berbagai bakteri Pseudomonas, yang sering dikaitkan dengan infeksi luka, luka bakar, infeksi bekas operasi.  Madu memiliki kemampuan menyerap air di sekitar jaringan kulit yang terbakar.  

Studi di Afrika barat menemukan bahwa penyembuhan luka operasi akibat kanker vagina diketahui lebih cepat dengan menggunakan madu. Madu juga sangat disarankan untuk digunakan pada penderita kusta untuk mengurangi bau busuk yang diakibatkan borok.

4. Aktivitas Antimutagenik dan Antitumor

Noor et al. 2014 pada jurnal Food Chemistry juga telah menyimpulkan dalam penelitiannya bahwa madu Pakistan memiliki antioksidan yang sangat baik dan berpotensi sebagai antitumor. 

Semua madu menunjukkan penghambatan signifikan terhadap mutagenisitas Trp-p-1. Bogdanov et al, 2013 pada Journal of the American College of Nutrition mengemukakan bahwa efek anti-metastasis yang signifikan secara statistik dicapai dengan aplikasi madu secara oral. Temuan ini menunjukkan bahwa madu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan konsumsi madu mampu mencegah kanker dan metastasis. Selain itu, diduga bahwa madu yang diberikan secara oral sebelum inokulasi sel tumor memiliki efek penghambatan pada penyebaran tumor.

Keajaiban madu telah diungkapkan dalam dalam Alquran maupun sunah secara indah, lebih dari 14 abad lalu. Penjelasan dari Al-Quran dan Al-Hadist mengenai madu ini, juga telah merambah dunia sains modern yang telah menerima dan melakukan penelaahan lebih mendalam atas penggunaan madu. 

Al-quran memang bukan sekadar tuntunan hidup, tapi juga sumber ilmu pengetahuan. Banyak bukti ilmiah yang cukup kuat untuk merekomendasikan madu dalam pengobatan beberapa penyakit. Berdasarkan fakta tersebut, penggunaan madu untuk Kesehatan umat manusia sangat dianjurkan.

Penulis : Mulytun, M.Si, Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Serial artikel Sains Ramadhan merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut