Logo Network
Network

Sains Ramadhan : Membudayakan Tilawah Al-Qur’an

Moh. Miftahul Arief
.
Sabtu, 23 April 2022 | 16:46 WIB
Sains Ramadhan : Membudayakan Tilawah Al-Qur’an
Banyak keutamaan yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an (Foto: Freepik)

Penulis: Hj. Nadhifah, M.SI *

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril alaihissalam, berfungsi sebagai petunjuk (Hudan) bagi umat manusia yang membacanya dihitung ibadah dan memperoleh pahala. 

Al-Qur’an yang secara harfiah berarti bacaan sempurna merupakan suatu pilihan Allah SWT yang sangat tepat, karena tiada satu bacaan pun sejak manusia mengenal tulis baca yang dapat menandingi Al-Qur’an al-karim, bacaan yang sempurna dan mulia. 

Tiada bacaan seperti Al-Qur’an yang dipelajari bukan hanya susunan redaksi dan pemilihan kosa katanya tetapi juga kandungannya yang tersurat, tersirat bahkan sampai kepada kesan yang ditimbulkannya. Semua dituangkan dalam jutaan jilid buku, generasi demi generasi. 

Mengutip yang disampaikan Prof. Quraish Shihab, Al-Qur’an layaknya sebuah permata yang memancarkan cahaya yang berbeda-beda sesuai sudut pandang masing-masing. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa tiada bacaan sebanyak kosa kata Al-Qur’an yang berjumlah 77.439 (tujuh puluh tujuh ribu empat ratus tiga puluh sembilan) kata dengan jumlah huruf 323.015 (tiga ratus dua  puluh tiga  ribu lima belas) huruf yang seimbang jumlah kata-katanya baik antara kata dengan padanannya maupun kata dengan lawan kata dan dampaknya. 

Sebagai contoh, kata hayat terulang sebanyak antonimnya yaitu maut masing-masing 145 kali; akhirat terulang  115 kali sebanyak kata dunia; malaikat terulang 88 kali sebanyak kata setan; thuma’ninah ( ketenangan ) terulang 13 kali  sebanyak kata dhiyq ( kecemasan); panas berulang 4 kali sebanyak kata dingin. 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3 4 5 6 7
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.