get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Membudayakan Tilawah Al-Qur’an

Sabtu, 23 April 2022 | 16:46 WIB
header img
Banyak keutamaan yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an (Foto: Freepik)

Sungguh, perintah membaca merupakan sesuatu yang paling berharga yang pernah dan dapat diberikan kepada umat manusia. “Membaca dalam aneka maknanya adalah syarat pertama dan utama pengembangan ilmu dan teknologi serta syarat utama membangun peradaban”. 

Rasulullah SAW bersabda : “Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang memberikan syafaat pada hari kiamat kepada pemilik ( pembaca) nya.” (HR.Ahmad).

Al-Qur’an tidak hanya berpahala jika kita baca akan tetapi ia juga akan memberikan syafa’at kepada pembacanya. Bahkan di hadits lain juga di sampaikan bahwa :'' Barangsiapa yang membaca surat tabarok / al Mulk tiap malam maka Allah SWT  akan menjaganya dari siksa kubur.”  Hal ini menunjukkan bahwa ayat Al-Qur’an yang kita baca akan memberikan pertolongan  bagi kita.

Kata  ‘Abdullah Ibn Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda  : “ Siapa saja yang membaca satu huruf dari kitabullah ( Al-Qur’an ), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatgandakan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf, “ ( HR. At-Tirmidzi). 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut