get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Membudayakan Tilawah Al-Qur’an

Sabtu, 23 April 2022 | 16:46 WIB
header img
Banyak keutamaan yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an (Foto: Freepik)

4. Orang yang puasa di bulan Ramadlan.

Golongan keempat adalah orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kehadiran mereka dirindukan oleh surga. Allah telah menyediakan pintu syurga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa. 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang berasal dari Sahl ra. Rasulullah bersabda : 
Artinya : Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak diperbolehkan seorangpun memasukinya kecuali mereka. Lalu dikatakan , “ Dimana orang-orang yang berpuasa? Merekapun bangkit, tidak ada seorangpun yang masuk kecuali mereka. Ketika mereka telah masuk , (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah keutamaan, manfaat dan hikmah membaca Al-Qur’an yang sarat dengan berbagai macam cahaya dan kemuliaan yang didapatkan, semoga kita termasuk orang-orang yang cinta membaca Al-Qur’an dengan kemuliaan yang menyertainya. 

Mari kita budayakan cinta tilawah Al-Qur'an, baik di luar Ramadhan lebih-lebih di bulan suci Ramadhan ini. Kita tingkatkan kualitas membaca, kualitas memahami, kualitas menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.  
Allahummarhamna bil Qur'an. 

* Dosen Studi Al-Qur'an Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang / Ketua Fatayat NU Semarang Tengah, pengurus PCFNU Kota Semarang, pengurus MTP IPHI Jateng. 

Serial artikel Sains Ramadhan merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut