get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Membudayakan Tilawah Al-Qur’an

Sabtu, 23 April 2022 | 16:46 WIB
header img
Banyak keutamaan yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an (Foto: Freepik)

2. Orang yang menjaga lisannya.
Golongan yang kedua ini adalah orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci maki dan menghujat.

Dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan  hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah menghormati tetangganya. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Orang yang memberi makan orang lapar

Golongan ketiga ini adalah orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hamba-Nya. Bahkan kelak di akhirat Allah akan memberikan makan dari buah-buahan surga. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Tirmidzi , Rasulullah bersabda yang artinya : “Siapapun mukmin yang memberikan makan mukmin yang kelaparan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya buah-buahan syurga. Siapapun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman syurga. Siapapun mukmin yang memberikan pakaian mukmin lainnya supaya tidak telanjang, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan syurga. “ ( HR. Tirmidzi).

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut