get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Manfaat Vaksin dan Titik Kritis Kehalalannya

Rabu, 27 April 2022 | 11:01 WIB
header img
ilustrasi vakasin (foto: pixabay)

Bahan aktif (antigen) bisa berasal dari virus, bakteri atau toksin. Titik kritis kehalalannya bergantung pada bahan yang digunakan sebagai bahan media atau kultur sel, bahan eksipien, bahan penolong yang bisa menggunakan karbon aktif dari hewan, cryoprotectant dan cleaning agent yang bisa menggunakan gliserol.

Sedangkan bahan Eksipien (tambahan) terdiri dari bahan :

a)   Adjuvants yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Titik kritis pada bahan ini adalah dapat menggunakan squalene yang ditambahkan gelatin yang bisa berasal dari hewan haram atau jika hewan halal maka pastikan cara penyembelihannya sesuai syariat islam,

b)  Preservatives yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya bakteri/jamur selama pembuatan vaksin. Titik kritisnya adalah pada penggunaan neomycin sebagai produk mikrobial, proses purifikasi dilakukan untuk menghilangkan semua formaldehid dalam vaksin (jika menggunakan formaldehid). Cara yang dipilih pada proses purifikasi perlu mendapatkan perhatian juga, terkait bahannya.

c)   Stabilizer yang berfungsi untuk menjamin stabilitas vaksin selama penggunaan. Titik kritisnya adalah pada penggunaan lactose-sorbitol dan sorbitol-gelatin yang bisa berasal dari bahan haram.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut