get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Manfaat Vaksin dan Titik Kritis Kehalalannya

Rabu, 27 April 2022 | 11:01 WIB
header img
ilustrasi vakasin (foto: pixabay)

Apa saja kandungan dalam vaksin?
Menurut WHO vaksin mengandung fragmen kecil dari organisme penyebab penyakit atau cetak biru untuk membuat fragmen kecil. Mereka juga mengandung bahan lain untuk menjaga vaksin tetap aman dan efektif. 

Bahan-bahan terakhir ini termasuk dalam sebagian besar vaksin dan telah digunakan selama beberapa dekade dalam miliaran dosis vaksin.Setiap komponen vaksin memiliki tujuan tertentu, dan setiap bahan diuji dalam proses pembuatannya. Semua bahan diuji untuk keamanan.

a)  Antigen

Semua vaksin mengandung komponen aktif (antigen) yang menghasilkan respon imun, atau cetak biru untuk membuat komponen aktif. Antigen mungkin merupakan bagian kecil dari organisme penyebab penyakit, seperti protein atau gula, atau mungkin seluruh organisme dalam bentuk yang lemah atau tidak aktif.

b)  Pengawet

Pengawet mencegah vaksin terkontaminasi setelah vial dibuka, jika akan digunakan untuk memvaksinasi lebih dari satu orang. Beberapa vaksin tidak memiliki bahan pengawet karena disimpan dalam botol dosis tunggal dan dibuang setelah dosis tunggal diberikan. Pengawet yang paling umum digunakan adalah 2-fenoksietanol. Ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam sejumlah vaksin, digunakan dalam berbagai produk perawatan bayi dan aman untuk digunakan dalam vaksin, karena memiliki sedikit toksisitas pada manusia.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut