get app
inews
Aa Read Next : Menag Yaqut: UIN Walisongo Semarang Harus Menyiapkan Aktor Perubahan

Sains Ramadhan : Manfaat Vaksin dan Titik Kritis Kehalalannya

Rabu, 27 April 2022 | 11:01 WIB
header img
ilustrasi vakasin (foto: pixabay)

e)   Sisa/Residu

Residu adalah sejumlah kecil dari berbagai zat yang digunakan selama pembuatan atau produksi vaksin yang bukan merupakan bahan aktif dalam vaksin yang sudah jadi. Zat akan bervariasi tergantung pada proses pembuatan yang digunakan dan mungkin termasuk protein telur, ragi atau antibiotik. Jejak sisa zat ini yang mungkin ada dalam vaksin dalam jumlah yang sangat kecil sehingga perlu diukur sebagai bagian per juta atau bagian per miliar.

f)   Pengencer

Pengencer adalah cairan yang digunakan untuk mengencerkan vaksin ke konsentrasi yang benar segera sebelum digunakan. Pengencer yang paling umum digunakan adalah air steril.

g)  Pembantu

Beberapa vaksin juga mengandung adjuvant. Sebuah adjuvant meningkatkan respon imun terhadap vaksin, kadang-kadang dengan menjaga vaksin di tempat suntikan untuk sedikit lebih lama atau dengan merangsang sel-sel kekebalan lokal. Bahan pembantu dapat berupa sejumlah kecil garam aluminium (seperti aluminium fosfat, aluminium hidroksida atau kalium aluminium sulfat). Aluminium telah terbukti tidak menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, dan manusia menelan aluminium secara teratur melalui makan dan minum.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut